Rabu, 08 Agustus 2012

Menulis Draft Ada Aturannya


Wah akhirnya saya ada kesempatan lagi mengapdate content blog saya yang sudah lumayan tua namun miskin isi ini…heheheh…
Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi kepada teman-teman, khususnya yang lagi nulis skripsi atau karya ilmiah. Ada beberapa aturan main yang harus dipatuhi ketika menulis sebuah karnya ilmiah, yang kadang aturan ini kita abaikan, (saya pun kurang memperhatikannya,alhasil, penulisan saya harus dibantai oleh sang penguji….hehehehehe, tapi tak apalah saya jdikan saja sebagai motivasi dan pelajaran buat saya dan kesempatan ini akan saya bagikan buat tema-teman semua)
Aturan-aturan itu antara lain:
  1.  Pada pada bagian latar belakang, harus benar-benar mendukung, dan bisa menjadi alasan mengapa judul yang kalian angkat itu layak untuk diteliti. (pada bagian ini, penguji menganggap latar belakang saya masih stengah matang, karena kurang kuat dalam membahas relefansi judul dengan alasan untuk melakukan penelitian..heheheh) jadi latar belakang itu sebenarnya alas an atau sebab atau hal yang menyebabkan mengapa harus melakukan penelitian tersebut ok…
  2. Rumusan masalah, sebaiknya langsung menjelaskan titik permasalahan yang didapat dari penguraian latar belakang di atas.
  3. Pada bagian batasan masalah, harus menjelaskan secara detail penelitian yang akan kalian lakukan (untuk penelitian TI, harus menjelaskan secara detail aplikasi/software yang akan dibangun), sehingga dengan membaca batasan masalah kita sudah dapat mengerti spesifikasi aplikasi yang akan dirancang.
  4. Pada bagian batasan masalah, jangan menggunakan kata “hanya” atau kata-kata pesimis lainnya.
  5. Pada bagian pengertian judul, usahakan untuk menjelaskan kata per kata  judul penelitian, sesuai dengan konteks penelitian kalian, sebaiknya dijelaskan dengan menggunakan kata-kata anda sendiri, namun akan lebih baik jika didukung dengan referensi lain.
  6. Pada bagian tinjauan pustaka, kalian harus menuliskan setidaknya 3 referensi penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain yang anda jadikan sebagai referensi, dan jelaskan keunggulan aplikasi kalian dibandingkan penelitian terdahulu tersebut.
  7. Dalam tinjauan pustaka, tidak perlu menuliskan identitas dan jenis penelitian (skripsi/tesisi/atau penelitian laiannya) peneliti sebelumnya, cukup menyebutkan nama tanpa menambahkan gelar.
  8. Pada kajian pustaka, tuliskanlah teorin-teori yang mendukung penelitian kalian, carilah literature yang sesuai seperti buku, atau artikel-artikel lain yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya (sebaiknya jangan mengambil artikel dari blog, sebab keabsahan blog tidak dapat dipertanggungjawabkan).
  9. Jangan lupa menuliskan endnote pada akhir paragraph pada setiap kalimat yang anda kutip, dan setiap endnote tersebut harus ditampilkan pula pada daftar pustaka.
  10. Jangan menggunakan bullet untuk menjelaskan poin-poin pada penulisan anda, aturan penulisan poin sbb:
          A.      ………..
                 1.      ……….
                       a.       …….
                           1)      ……
                                   a) ..........
  1. Jangan menuliskan gelar pada daftar pustaka.

1 komentar:

  1. ia saya juga tinggal di maros, saya sering online di warkop dg te'ne

    BalasHapus